5 TRIK MENENTUKAN DAN MENGAMANKAN PASSWORD AKUN



Pada era digital ini, dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Tibalah kita pada zaman digitalisasi yang merubah perilaku kehidupan kita, dengan adanya sistem komputerisasi dan jaringan.

Tentu kita harus selalu mengikuti perkembangan teknologi yang ada, sebab dalam melakukan suatu aktifitas disegala bidang; baik itu perbankan, perpajakan, pendidikan, kesehatan, teknologi informasi dan lain - lain menggunakan sebuah aplikasi.

Karena saat ini penggunaan aplikasi sangat membantu kita dengan sistem online / mobile, contohnya dulu kita ingin mengetahui / mengecek saldo tabungan harus mengunjungi ATM kini tidak harus, cukup dengan sebuah aplikasi, contoh kedua; dulu kita bertransaksi atau membeli suatu barang hanya dengan uang tunai kini bisa menggunakan emoney (non tunai) itu pun dengan sebuah aplikasi dan masih banyak contoh lainnya.

Namun saya tidak mendefinisikan apa itu aplikasi karena saya hanya membahas yang umum saja, dimana dalam sebuah aplikasi itu harus memiliki sebuah Akun. Dalam hal pengertian akun yang saya maksud meliputi username, user id, password atau kata sandi dan email.

Menurut saya akun dapat diibaratkan seperti rumah, apabila ingin menempati rumah pasti kita harus memiliki kunci sebagai bentuk pengamanan.

Karena di dalam rumah terdapat benda yang berharga bagi kita, jangan sampai rumah yang kita huni dapat mudah dimasuki oleh orang yang tidak kita kenal maupun yang berniat jahat.

Oleh karena itu saya akan membagikan trik dalam menentukan password atau kata sandi dan cara mengamankan akun yang kita miliki.

1. Kombinasi Huruf dan Angka

Dengan cara seperti ini kata sandi yang dibuat menjadi susah ditebak orang lain.
karena dalam jumlah huruf abjad terdapat huruf A sampai Z total keseluruhan 26 huruf dan angka terdapat 9 buah.

Biasanya kita paling sedikit menggunakan kata sandi berjumlah 8 digit. Maka itu gunakanlah kombinasi huruf dan angka menurut kalian yang paling sulit ditebak. Ini dapat dilakukan pada kata sandi akun gmail.

Selain menentukan kata sandi, kombinasi huruf dan angka dapat digunakan dalam menentukan username yang menggunakan sebuah aplikasi online.

Nah untuk Akun Google, kita dapat mengetahui aplikasi apa saja sih yang terhubung atau mengaitkan aplikasi dengan akses akun google kita.

Caranya seperti ini:
Kita dapat mengeceknya di handphone android silahkan cari menu Setelan>>Google>>Pada menu Layanan, klik tanda segi tiga di Aplikasi yang terhubung>>Pilih Akun Google yang tersimpan di Handpone>>Semua aplikasi & perangkat.

Untuk lebih jelas anda dapat menyaksikan video berikut ini :


Kita dapat melakukan putuskan hubungan apabila kita tidak menggunakan aplikasi tersebut.

2. Jangan Menggunakan Kata Sandi Yang Sama Untuk Akun Lain


Banyak yang beranggapan bahwa dengan satu kata sandi kita dapat mudah mengingatnya, jadi tidak perlu membedakan kata sandi untuk akun lain.

Hal ini sangat berbahaya, mengapa saya berfikir seperti itu? alasannya adalah jika seseorang telah mengetahui salah satu akun yang kita miliki dengan cara modus penipuan dan berhasil mencuri akun maka akan berusaha mencari data-data penting milik kita. Pasti akan mudah untuk membobol akun kita yang lainnya.

Karena akhir-akhir ini telah terjadi banyak pencurian akun dengan modus penipuan, maka kita harus selalu mengamankan akun yang kita miliki. Jadi bedakan antara kata sandi akun yang satu dengan akun lain yang kita miliki, dapat diartikan bahwa kita membuat satu kata sandi untuk satu akun.

3. Mencatat Kata Sandi Dan Pin ATM Sebagai Dokumen Penting


Perlukah kita mencatat kata sandi dan Pin ATM? Jawabannya perlu, sebab kita sering kali lupa kata sandi maupun pin ATM yang kita miliki karena banyak akun maupun pin ATM yang kita gunakan. Untuk hal ini saya beranggapan bahwa Pin ATM termasuk dokumen yang penting.

Dengan mencatatnya kita dapat mengingatkan kembali pada saat kita lupa, ibarat kunci rumah kita harus memiliki kunci duplikat apabila lupa menyimpannya, kita masih memiliki kunci cadangan.

Simpanlah catatan kata sandi dan pin atm di tempat yang menurut kita aman, bisa disatukan ke dalam dokumen penting kita yang lain.

Ingat.. catatannya jangan simpan di handphone, laptop maupun dompet. Apabila barang tersebut hilang maka dengan mudah orang lain mengetahuinya.

4. Mengganti Kata Sandi Maupun Pin ATM Per 3 (Tiga) Bulan


Disarankan untuk mengganti kata sandi yang lebih kuat tingkat kesulitannya, bertujuan supaya akun tetap aman dan menentukan Pin ATM jangan menggunakan tanggal dan tahun lahir karena dapat melihat kartu identitas atau KTP yang kita miliki.

Jika menurut anda hal ini perlu dilakukan, maka lakukanlah. Tidak butuh waktu lama untuk mengganti kata sandi maupun pin ATM lama dengan yang baru.

Dengan melakukan hal ini keamanan akun dan rekening yang kita miliki akan selalu terjaga, dan tidak mudah untuk diketahui pihak lain.

5. Jangan Memberikan Data Rahasia Anda


Identitas diri adalah data penting yang kita miliki, jaga selalu informasi data yang menyangkut keamanan akun anda. Segala macam cara orang akan melakukan tindak kejahatan dengan menggunakan data pribadi kita.

Jangan mudah percaya apabila ada orang yang mengaku pihak manapun yang tidak kita kenal untuk meminta identitas diri kita.

Demikian trik yang dapat saya berikan dalam menentukan password atau kata sandi akun serta cara mengamankannya.

Semoga bermanfaat bagi pembaca. Khususnya untuk pribadi penulis.

Salam sukses selalu

Justibnu
Justibnu Nama saya iBnu, hobi menulis artikel sederhana untuk memberikan informasi yang bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 TRIK MENENTUKAN DAN MENGAMANKAN PASSWORD AKUN "