PEMADAMAN LISTRIK DALAM WAKTU LAMA, INI TIPSNYA!


Hi pembaca, saya mau berbagi cerita nih tentang yang terjadi pada tanggal 4 Agustus 2019, sekitar kurang lebih pukul 12.00 WIB telah terjadi pemadaman listrik secara mendadak. Namun saya pada waktu itu mengira pemadaman listrik yang biasa saja, ternyata lebih luas jangkauan nya bukan hanya sekitar wilayah Jabodetabek. Kalau tidak salah sebagian wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah mengalami pemadaman listrik.


Pada saat itu saya sedang melakukan pekerjaan sampingan yaitu menjadi Ojol (Ojek Online), kebetulan pas pemadaman listrik terjadi saya mendapatkan orderan dari RS Firdaus Sukapura ke Stasiun Cakung.

Setibanya sampai stasiun cakung saya melihat penumpang KRL Comuter Line sedang ramai mengeluhkan masalah pemadaman listrik yang mengakibatkan perjalanan menjadi terganggu, sehingga banyak penumpang memilih angkutan transportasi umum. Bagaimanakah dengan MRT, LRT di Jakarta dan di manakah kalian pada saat Pemadaman Listrik tersebut?

Kalian bisa berbagi cerita pada kolom komentar dibawah ya..

Lanjut ceritanya ya.. Saya segera manfaatkan situasi dan mendapatkan seorang penumpang secara reguler (tidak melalui online), beliau meminta saya untuk mengantarkan ke daerah Kemayoran untuk menghadiri pernikahan anak dari temannya.

Bagaimana mau order di aplikasi, jaringan nya saja tidak dapat signal kata Bapak itu.

Setelah negosiasi harga yang telah disepakati lalu saya mengantarkan penumpang tersebut ke tujuan, setibanya sampai biasanya acara pernikahan itu ramai dengan alunan musik, saat itu mengalami dampak dari pemadaman listrik tersebut.

Kemudian saya melanjutkan perjalanan namun bukan untuk mencari penumpang kembali, melainkan untuk pulang ke rumah. Percuma dilanjutkan karena jaringan telekomunikasi sedang tidak berfungsi.

Untuk pengalaman yang telah terjadi, kita dapat mengambil suatu pelajaran. Bahwa hal seperti ini dapat terjadi kapan pun dan di mana pun kita berada, pemadaman listrik yang secara mendadak, segala aktifitas menjadi terganggu.

Untuk itu saya menyarankan agar kita memperhatikan dan mengatisipasi agar kejadian seperti ini kita dapat hadapi dengan tenang.

Berikut ini Hal Yang Dilakukan Saat Pemadaman Listrik Dalam Jangka Waktu Lama:

1.Memilih untuk keluar rumah



Bisa mengunjungi Mall, Hotel terdekat dengan rumah agar tidak merasa jenuh. Karena di sana terdapat fasilitas yang kita butuhkan, dengan memiliki sistem pengoperasian listrik dengan Ganzet. Apabila pemadaman listrik terjadi maka otomatis sistem kelistrikan tetap berfungsi.

Di mall kita dapat mencarger handphone agar mengisi baterai, dan toilet umum untuk menjaga kebersihan, sepertinya anda akan mengantri sebab banyak yang berkunjung ke sana. Karena selain listrik padam air pam juga tidak bisa digunakan.

Jika ada budget lebih kita dapat menyewa kamar hotel untuk beberapa waktu sambil menunggu listrik kembali hidup.

2. Jika memilih untuk tetap di rumah



Agar segera menyiapkan alat penerangan seperti; senter, lilin, lampu emergency dan lampu yang menggunakan minyak tanah atau lampu templok (jika ada) dan alat penyejuk manual (kipas tangan).

Hal ini sangat membantu kita dalam pencahayaan, karena pada waktu malam hari situasi menjadi gelap, perlu diperhatikan kembali dalam peletakan seperti lilin harap dijauhkan dari bahan yang mudah terbakar.

Kipas dan AC merasa seperti rusak jika listrik padam, ruang kamar menjadi sangat pengap dan kita perlu kipas tangan, akhirnya pintu kamar dibuka dan mengakibatkan banyak nyamuk maka itu siapkanlah obat anti nyamuk.

3. Pada saat berada dalam perjalanan



Pemadaman listrik secara mendadak seperti ini jadikan pengalaman bahwa kita harus menyiapkan selalu uang tunai. Karena ATM pun tidak berfungsi jika listrik padam akhirnya kita memilih angkutan transportasi lain yang menggunakan uang tunai pembayarannya.

Pemadaman listrik dapat terjadi kapan saja, namun banyak yang belum tau cara menyiasatinya. Dengan artikel ini kita saling berbagi informasi bagaimana hal yang bisa kita lakukan di saat pemadaman listrik dalam jangka waktu lama maupun antisipasi bila terjadi seperti ini.

Salam..
Justibnu
Justibnu Nama saya iBnu, hobi menulis artikel sederhana untuk memberikan informasi yang bermanfaat.

Posting Komentar untuk "PEMADAMAN LISTRIK DALAM WAKTU LAMA, INI TIPSNYA!"