RSS

Friday, August 30, 2019

OJOL TERTIB BERLALULINTAS, KEREN BANGET!

OJOL TERTIB BERLALULINTAS, KEREN BANGET!
IBNU IBNU
August 30, 2019

Menjadi bagian dari pengemudi Ojol (Ojek Online) menurut saya ini merupakan pekerjaan yang menyenangkan, dalam segi waktu kita bisa menentukan kapan bisa melakukan pekerjaan atau on bid istilahnya.

Untuk penghasilan tentu beragam hasil yang diperoleh setiap hari nya, karena pihak manajemen perusahaan menerapkan sistem skema atau point yang diberikan kepada ojol untuk mendapatkan bonus harian dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Namun saya tidak bisa merincikan berapa penghasilan Ojol? pasti nya banyak yang tertarik menjadi Ojol buktinya banyak yang mendaftarkan diri, iya nggak sih?

Penghasilan Ojol di setiap daerah baik itu wilayah jabodetabek dan di luar jabodetabek memiliki skema atau point berbeda-beda, jadi penghasilan ojol berbeda-beda pula.

Bisa dibilang tidak mudah loh menjadi pengemudi ojol, selain kita memberikan jasa antar jemput penumpang, barang dan makanan maupun belanja di mall atau supermarket.

Kita melayani dan menyelesaikan semua pekerjaan serta berkomunikasi dengan baik kepada seluruh customer atau pengguna layanan ojol, dan ini merupakan kode etik bagi ojol.

Dalam menjalankan orderan atau suatu pekerjaan ojol yang diterima, kita harus menjaga keamanan berkendara yang membuat costumer merasa nyaman dengan selalu mematuhi peraturan di jalan.

Berikut Ini Tips Berkendara Dengan Aman Dan Tertib Berlalulintas :

1. Berdoa
Dalam setiap melakukan aktivitas dalam hal ini pekerjaan, sebaiknya dimulai dengan doa. Meminta perlindungan kepada maha Pencipta supaya dimudahkan segala urusan.

2. Atribut
Menggunakan atribut ojol merupakan identitas pengemudi, atribut yang dimaksud adalah Jaket, Helm dan memakai sepatu.
  • Jaket dan helm merupakan hal penting bila kita sedang menjalankan pekerjaan karena dapat mudah dikenali bahwa kita adalah seorang pengemudi ojol. 
  • Sepatu berguna untuk keamanan kaki yang selalu menginjak aspal dan tetap safety saat berkendaraan.
2. Pengecekan Berkala Kendaraan
Selalu mengecek kendaraan saat menjalankan orderan atau pekerjaan seperti; bensin, oli mesin, ban, rem, rantai dan lampu kendaraan.

Kita tidak mengharapkan suatu hal terjadi pada kendaraan yang kita miliki, setidaknya dengan melakukan pengecekan kendaraan maka kita dapat mengetahui performa kendaraan.

Apabila terdapat kerusakan atau kita merasa kurang nyaman saat berkendara dan sepertinya butuh perbaikan, disarankan agar segera diperbaiki. 

Jika kendaraan kita dalam keadaan baik maka aktivitas pekerjaan kita menjadi lancar.

3. Berhenti Di Tempat Yang Aman
Saat diperjalanan tiba - tiba mendapatkan orderan yang masuk ke aplikasi driver dan kita mengambil orderan tersebut, saran yang diberikan adalah sebaiknya menepi ke pinggir jalan yang menurut kita aman.

Lihat disekitar kita apakah posisi berhenti dalam keadaan aman atau dapat mengancam keselamatan kita.

Jika kita dalam perjalanan tidak fokus melihat ke arah jalan maka ini berbahaya bagi keselamatan berkendara kita.

Apalagi jika menggunakan handphone saat mengemudi, bahaya loh!. Kita dapat non aktifkan atau sign out kan terlebih dahulu aplikasi driver nya.

4. Mencari Tempat Yang Tidak Mengganggu Pengguna Jalan Lain
Dalam mencari orderan baik itu sekitar Mall, Stasiun dan lain nya, masih ada yang merasa hal ini belum terlihat baik karena pengguna jalan lain merasa terganggu atas keberadaan ojol di pinggir jalan yang ramai dilintasi kendaraan.

Ini adalah bagian dari masalah kita baik pengemudi Ojol maupun Customer yang harus diperhatikan bersama.

Sebagai ojol tentu merasa bersyukur dan berterima kasih karena telah tersedia shelter ojol di Mall.
Yaitu Mall wilayah Kelapa Gading Jakarta Utara.


Masih banyak ojol yang memarkirkan kendaraan di area terlarang, sehingga apabila ada petugas melakukan penertiban banyak yang ditindak atas pelanggaran tersebut.

Maka sebaiknya kita mencari tempat yang tidak mengganggu pengguna jalan lain atau tidak di area terlarang.

5. Patuhi Rambu -  Rambu Lalulintas Atau Marka Jalan
Menjadi salah seorang pengguna jalan yang mengendarai sepeda motor khusunya pengemudi ojol dalam pembahasan ini. Rambu dan marka jalan adalah aturan hukum yang berlaku bagi seluruh pengguna jalan dan wajib menaati atau mematuhi nya.

Bila kita melanggar aturan, selain ada sanksi hukum atas pelanggaran ada kemungkinan beresiko terjadinya kecelakaan.

Dengan menaati atau mematuhi rambu atau marka jalan, berarti menyayangi nyawa kita. Sebab keluarga di rumah menunggu kedatangan kita dengan selamat tentu nya.

Safety riding dalam berkendara dapat mengurangi angka kecelakaan.

Demikian lah hal yang dapat saya bahas mengenai Ojol, bertujuan untuk saling mengingatkan bahwa keselamatan berkendara adalah hal penting.

Mari bersama-sama kita selalu menjaga ketertiban berlalulintas karena ini merupakan tugas kita sebagai pengguna jalan.

Ojol Tertib Berlalulintas, Keren Banget!

Terima kasih

Bagikan!  

0 komentar: