RSS

Monday, July 22, 2019

CARA PBK PPH FINAL PASAL 4 AYAT 2

CARA PBK PPH FINAL PASAL 4 AYAT 2
IBNU IBNU
July 22, 2019

Sehubungan dengan artikel saya tentang Cara Mudah Mengatasi Pembatalan Faktur Pajak . Kali ini saya akan membahas tentang PBK (Pemindahbukuan) atas kesalahan pembayaran pajak yang kami lakukan karena adanya pembatalan faktur pajak atas transaksi oleh PKP Pembeli.
Adapun Jenis/Kode Pajak yang akan di PBK yaitu 41128/420 - PPh Pasal 4 ayat (2) atas penghasilan yang memiliki peredaran bruto. (ini salah satu contoh Jenis/Kode Pajak yang akan di PBK)

Itu artinya kita harus membuat surat Permohonan Pemidahbukuan ke KPP tempat PKP terdaftar. dengan melampirkan Bukti Pembayaran (SSP) Asli, dan membuat surat penunjukan.

Berikut adalah Contoh Surat Permohonan (PBK) Pemindahbukuan:



Setelah menyiapkan dokumen-dokumen PBK, silahkan masukan berkas ke KPP dan akan mendapat Bukti Penerimaan Surat atas permohonan BPK dari KPP, dan menunggu persetujuan selama 30 hari kerja terhitung sejak tanggal surat Permohonan Pemindahbukuan.


Harap diperhatikan dalam pemindahbukuan PPh Pasal 4 ayat 2 dengan Jenis/Kode Pajak 41128/420 - atas penghasilan yang memiliki peredaran bruto, antara semula ditulis Masa/Tahun Pajak dengan mohon dipindahbukukan ke Masa/Tahun Pajak. 

Karena berkaitan dengan SPT PPN Masa Pembetulan dengan status lebih bayar agar dikompensasikan ke Masa/Tahun Pajak yang benar. 

Maksudnya gimana admin? 

Ilustrasinya seperti ini, jika terdapat kesalahan pembayaran pajak Masa/Tahun Pajak 05-05/2019 disebabkan karena adanya pembatalan faktur pajak dan SPT PPN Masa sudah dilaporkan yang mengharuskan SPT PPN Masa Pembentulan menjadi status lebih bayar. 

Untuk PPN Masa lebih bayar dan PPh Pasal 4 ayat 2 tersebut dikompensasikan dan Pindahbukukan ke Masa Pajak 08-08/2019, jika tanggal permohonan PBK misalkan tanggal 10 Juli 2019. 

Karena 30 hari kerja dalam perhitungan saya yaitu tanggal 21 Agustus 2019 (Surat Persetujuan Permohonan PBK dari KPP), itu artinya telah melewati masa pajak 07-07/2019 karena batas waktu penyetoran yaitu tanggal 15 bulan berikutnya setelah Masa Pajak berakhir. 

Selamat Mencoba...

Bagikan!  

0 komentar: